Mengenal Aplikasi PerKantoran Microsoft Word

kamis,04-Agustus-2022   

  👉 Mengenal Aplikasi Perkantoran Microsoft word       

*perkenalan anggota kelompok

Perkenalkan kami dari Kelas XE SMA Negri 01 Manokwari 
Khususnya dari Kelompok ICT 
 
* Nama : Diyah Tri Qur Ana
   Asal Sekolah  : SMPN 01 Manokwari
   Agama  : Islam
  No Absen : 10
* Nama : Jhanny Levina koibur
   Asal Sekolah  : SMPN 13 Manokwari
   Agama  :Kristen
   No Absen : 17
* Nama :Wa Alika Syam
   Asal Sekolah  : SMPIT Insan mulia Manokwari
   Agama  : Islam
   No Absen : 32
* Nama :Paulina Ananda Irianti Rama 
   Asal Sekolah  : SMPN 3 Manokwari
   Agama  : Kristen 
   No Absen : 23
  Disini kami ingin mengenalkan kepada kalian apa itu Microsoft Word 
Apa yang kalian ketahui tentang Microsoft Word?,dan Apa saja kelebihan serta kekurangan dari Microsoft word ?.

Nah sebelummnya,saya akan menjelaskan apa itu Microsoft Word.Microsoft word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolahan kata yang biasa sering digunakan untuk pengolahan teks,pengolahan dokumen,laporan dll .Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kita mengenal fungsi bagian-bagian dari Microsoft Word .

           fungsi bagian-bagian Microsoft Word

1. Microsoft Office Button
Apabila tombol ini diklik maka akan muncul beberapa pilihan yaitu :

  • New : berfungsi untuk membuat dokumen baru
  • Open : berfungsi untuk membuka dokumen yang telah dibuat
  • Save : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat
  • Save As : berfungsi untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat dengan nama berbeda
  • Print : berfungsi untuk mencetak dokumen
  • Prepare : berfungsi untuk mempersiapkan dokumen
  • Send : berfungsi untuk mengirim dokumen
  • Publish : berfungsi untuk mentransfer dokumen
2. Menu Bar 
Menu bar bisa dibilang sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Jendela ini umumnya berisi menu tool dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. 

       a. home    

     Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan editing serta clipboard.

   b. insert 
                   

       Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam dokumen. Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.

    c. Page Layout

 

    Tab page Layout digunakan untuk mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberiwarna background pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom pada teks dan mengatur indentasi. Menu page layout terdiri dari : Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.

d. References

Tab ini dugunakan untuk memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki), menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan tab references
Tab References. References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.

f. Mailings

Tab ini berguna untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat label. Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert Fields, preview results, finish.

g. Review

Tab Review berguna untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari : proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.

h.View

Tab View digunakan untuk menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.

3. Quick Access Toolbar
Menu yang berfungsi untuk mempercepat akses/shortcut

4. Tittle Bar
Baris ini berisi keterangan mengenai program dan nama dokumen yang sedang aktif.

5. Tombol Ukuran
Tombol-tombol ini digunakan untuk mengatur ukuran jendela yang sedang aktif. Ada 4 macam tombol ukuran, yaitu :

  • Minimize, untuk memperkecil ukuran jendela sehingga membentuk sebuah ikon aktif.
  • Maximize, untuk memperbesar ukuran jendela hingga menjadi satu layar penuh.
  • Restore, untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula.
  • Close, untuk menutup jendela.
6. Toolbar
Berguna untuk memberi perintah dengan mengklik tombol tersebut.

7. Ruler
Garis pedoman untuk menentukan margin atau batas indentasi.

8. Jendela Dokumen
Di sinilah area kerja tempat kita mengetik naskah.

9. Scroll Bar
Terdiri dari : Vertical scroll bar
Horizontal scroll bar
Berfunsi untuk menggulung dokumen.

10. Status Bar
Pada lajur ini diberikan berbagai informasi, misalnya mengenai letak titik sisip.

11. View Toolbar
Memperlihatkan format-format tampilan dokumen yang sedang dibuat, serta dapat memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen.

12. Zoom In / Out
Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran jendela dokumen.

adapun kekurangan dan kelebihan dari Microsoft Word :

Kekurangan Microsoft Office Word

  • Perubahan design yang drastis sehingga mengharuskan pengguna baru untuk mempelajari lagi dan membutuhkan waktu hingga terbiasa.
  • Relatif berat, terutama di mesin yang pas-pasan.
  • Banyak fitur yang mubazir, apalagi kalau kita menggunakannya untuk sekedar menulis surat. Installer yang lebih besar, Dll.

Kelebihan Microsoft Office Word

  • Word dilengkapi tool dasar untuk desktop publishing.
  • Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
  • Pada tampilan menu ‘INSERT’, menu picture, clipart, dll dilengkapi dengan gambar -gambar dengan ukuran yang sedikit besar dan berwarna yang membuat tampilannya kelihatan lebih menarik,Dll.

💢 Manfat dari Microsoft Word 

Adapun manfaat dari microsoft word adalah sebagai berikut:

  • memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan

Dengan microsoft word kita bisa membuat dokumen sesuai dengan yang kita inginkan dan kita bisa mengedit dan merubah jika terjadi kesalahan sebelum dicetak. Anda juga bisa membuat tabel dengan variasi sesuai dengan yang anda inginkan.

  • Menghemat Waktu dalam Pekerjaan

Dengan kita menggunakan microsoft word kita dapat menghemat waktu dalam pekerjaan kita, kita bisa menggunakan fungsi mail marge untuk membuat surat massal sehingga dapat menghemat waktu bila dibandingkan dengan harus mengetik atau menulis satu per satu surat yang akan dicetak.

  • Menghemat Kertas dan Biaya.

Dengan microsoft word kita dapat menghemat kertas yang digunakan karena kita bisa menyimpan hasil pekerjaan kita dalam bentuk file sehingga tidak memerlukan banyak kertas untuk mencetak dokumen untuk archive dan juga akan lebih menghemat biaya operasional.

Mungkin itu saja dari kami kurang lebih nya mohon di maafkan.Sekian 👥 TerimaKasih 





by:Wa Alika,Diyah ,Janih,and Paulina 










                                



 

 

 

 



 


             


   

 

Komentar